Sabtu, 02 Mei 2009

E-LEARNING MENJAWAB


First of all please click

Welcome To

The America's Costliest

$39 "The Fortune" $213,997 Valued Gallery Program


This holds true not only for you, this holds true for anyone. This is the reason why your contacts and anyone on internet will also purchase "The Fortune" gallery from you for $39.00 at the very first email you will send them - guaranteed.






Welcome to my blog!

You are my visitor No.




e-Learning: Paradigma Pembelajaran Berbasis IT [3]

Ditulis pada Mei 18, 2007 oleh suray

http://suray.wordpress.com/2007/05/18/e-learning-paradigma-pembelajaran-berbasis-it-3/#comment-70

Seiring dengan perkembangan zaman, proses pembelajaran tidak lagi terpusat pada suatu pusat pendidikan seperti kampus, sekolah, kursus, ataupun pusat pelatihan. Perubahan tersebut telah mengarahkan proses pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan ke arah tersebar. Paradigma pergeseran dalam proses pembelajaran ini telah dikenal sejak dekade awal tahun 90-an. Dan kini, keadaan tersebut telah dikenal luas oleh masyarakat dunia pada umumnya.

Kegiatan proses pembelajaran terus diarahkan ke arah yang lebih fleksibel dalam kaitannya dengan ruang dan waktu. Karena memang sudah semestinya, dalam mendapatkan suatu pengetahuan, ruang dan waktu seharusnya bukanlah suatu batasan yang menyulitkan bahkan tidak memungkinkan seseorang untuk mendapatkan suatu pengetahuan yang ingin diketahuinya. e-Learning menjawab permasalahan tersebut.


Pada kondisi seperti sekarang ini, belajar seharusnya bukan lagi merupakan suatu hal yang membosankan, seperti beberapa dekade yang lalu. Berkat perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat, bahan ajar dapat disajikan dengan suara dan gambar yang dinamis, tidak membosankan, serta padat informasi.

Pada era seperti sekarang ini, kecepatan belajar seseorang bukan lagi ditentukan oleh orang lain yang juga merupakan peserta belajar lainnya. Kecepatan belajar seseorang ditentukan oleh diri sendiri bukan kemampuan yang diseragamkan dalam kelas, yang tentu saja bila suatu proses kegiatan belajar mengajar selalu diseragamkan, maka akan mengakibatkan para peserta kegiatan belajar yang cerdas rugi dalam kapasitasnya menerima porsi pengetahuan, apabila standar pembelajaran disetarakan dengan peserta yang kemampuan pencerapan pengetahuannya lebih lambat, yang mana seharusnya para peserta yang cerdas mendapatkan porsi pembelajaran yang lebih besar menjadi berkurang karena disesuaikan dengan peserta lainnya yang taraf kemampuannya tidak setara. Sedangkan bila standar pembelajaran disetarakan dengan peserta yang lebih pintar, hal tersebut jelas akan merugikan peserta lainnya yang taraf kemampuan pencerapan pengetahuannya lebih lambat. e-Learning menjawab permasalahan ini.


Belajar merupakan rangkaian proses pengembangan individu yang dilakukan seumur hidup. Belajar tidak harus di lingkungan formal seperti sekolah, kampus, tempat kursus ataupun pusat pelatihan dan pengembangan individu. Dengan berpegang pada pernyataan demikian, dapat ditelusuri bahwa belajar harus menumbuhkan suatu sikap kemampuan belajar secara mandiri, tanpa perduli ada tidaknya faktor luar yang mempengaruhi proses belajar tersebut seperti staf pengajar dan atau ruang kelas. Belajar yang dikatakan sebagai rangkaian proses pengembangan indvidu selama seumur hidup, sudah tentu memerlukan adanya pengembangan sikap memotivasi kemampuan belajar secara mandiri. e-Learning dapat dikatakan sebagai alat yang menumbuhkan kondisi sedemikian rupa.

Paradigma lainnya adalah perubahan dalam konteks pusat pembelajaran. Apabila dahulu, guru merupakan pusat pembelajaran (Teacher Centric), kini bergeser menjadi murid sebagai pusat pembelajaran (Learner Centric).

Pada suatu lingkup pendidikan formal yang lebih sempit seperti sekolah, biasanya menerapkan suatu sistem penyeleksian calon siswa/i baru, dan pada umumnya sekolah yang bereputasi baik, seleksi ketat merupakan suatu keharusan dan juga sebagai tolak ukur tingkat kualitas pendidikan yang akan diberikan di sekolah tersebut. Dengan adanya hal tersebut, terkesan proses penerimaan siswa/i baru merupakan suatu proses yang mempersulit. Akan tetapi dengan sistem pembelajaran e-Learning, hal tersebut bukanlah merupakan hal yang utama lagi, karena kegiatan belajar mengajar tidak diseragamkan dengan sekelompok siswa/i dengan tingkat kemampuan penyerapan materi pelajaran tertentu. Akan tetapi, kesuksesan kegiatan belajar mengajar tergantung pada motivasi, kecerdasan, dan usaha dari masing-masing peserta belajar. Sehingga diskriminasi dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat diminimalisasi atau bahkan ditiadakan (simak tulisan-tulisan lanjutan yang berkenaan dengan topik ini).



DIarsipkan di bawah: Education


Tertarik Memiliki eBook MEMBANGUN SITUS E-LEARNING ?


Sebuah eBook Rahasia Pembuatan Situs e-Learning Menggunakan Open Source Course Management System "Moodle"

Jangan sungkan-sungkan KLIK SAJA BANNER DI BAWAH INI.





Seiring dengan kebutuhan industri akan tenaga kerja yang memiliki kompetensi ICT (Information and Communications Technology) maka dunia pendidikan pun harus berubah.

Dalam konsep pembelajaran yang efektif dan efisien ICT memainkan peranan penting sehingga membawa pengaruh terjadinya transformasi sistem pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital.

Perubahan praktek pendidikan sudah seharusnya dilakukan untuk menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dalam era teknologi informasi dan komunikasi ini.

Konsep pembelajaran yang marak diadaptasi oleh sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi di kenal dengan sebutan e-Learning.


Untuk siapakah eBook ini?...

eBook ini sebaiknya dimiliki oleh Anda yang ingin mengembangkan e-Learning baik di Sekolah, Kampus, Training Center (Pusat Pelatihan di Departemen Pemerintahan atau Perusahaan besar dan kecil), Lembaga-lembaga Pendidikan, Konsultan yang ingin melayani client secara online, Mahasiswa S1 dan S2 yang sedang skripsi/tesis yang membahas e-Learning, mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan (meningkatkan kompetensi ICT) dan semua orang ingin memajukan sistem pendidikan di negeri tercinta ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar